Pantai Gunung Kidul yang paling bagus menurut Rekreasi.com ada 10 . Pantai mana sajakah yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Ini dia 10 pantai di gunung kidul oke banget di kunjungi saat kita sedang berlibur ke Jogja.

Bila kita membicarakan kota Jogja pasti tidak lepas dengan pariwisata budaya, karena Jogja mempunyai banyak bangunan-bangunan tua bersejarah yang bernilai tinggi . Ternyata selain wisata budaya, kota Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata favorit ini juga mempunyai banyak pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Gunung Kidul yang paling bagus

Nah, untuk anda yang ingin menikmati liburan dengan nuansa berbeda dari kota Jogja, kali ini kami sudah merangkum beberapa kawasan Tempat wisata pantai di Gunungkidul Jogja yang wajib anda kunjungi saat berlibur dikota ini. Yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pantai Drini Gunung Kidul Jogja
Melihat keindahan pantai Drini dari drone

Pantai Drini

Pantai Gunung Kidul yang paling bagus diurutan awal adalah Pantai Drini yang berlokasi di Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab.Gunungkidul. Yang menarik dari Pantai Drini yakni terdapat sebuah pulau kecil di tengah pantai. Pulau kecil ini nampak seperti memisahkan Pantai Drini menjadi dua bagian.

Ada beberapa hal unik yang membuat Pantai Drini menjadi salah satu Pantai Gunung Kidul yang paling bagus. Dibagian timur pantai terdapat tebing yang menjulang kokoh seperti benteng yangmenghadang ombak, serta perpaduan antara keindahan pulau karang. Ombak dipantai ini juga tergolong tenang, sehingga cocok untuk anda yang hobi berenang, snorkling, dan olahraga air lainnya. Di bagian barat pantai ini Anda juga dapat memandangi jajaran perahu bercadik yang akan menepi sehabis mencariikan.

Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan

Daftar tempat wisata pantai di Gunung kidul selanjutnyaa dalah pantai sadranan. Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang terkenalsebagai surganya snorkeling di pulau Jawa . Di Pantai Gunung Kidul yang paling bagus ini juga tersedia tempat penyewaan alat-alat snorkeling untuk anda yang tidak membawa peralatan snorkeling.

Pantai ini merupakan istana dari beberapa jenis biota laut seperti Kerondong, IkanLepu, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan spesies lainnyayang sudah menanti kedatangan anda. Waktu yang tepat untuk melakukan snorkeling di pantai ini yaitu saat pagi hari, tengah hari, dan saat menjelang matahari terbenam.

Pantai Ngobaran

Selain menjadi Pantai Gunung Kidul yang paling bagus, ternyata Pantai Ngobaran adalah pantai yang mempunyai nilai mistis yang sangat kental, sehingga sering dipakai sebagai tempat upacara adat masyarakat sekitar. Beberapa spotcantik yang bisa anda nikmati di Pantai Ngobaran yaitu Candi Pemujaan, Bukit Karang, dan Patung Dewa. Setelah puas menikmati keindahan Pantai, anda bisa berwisata kuliner khas pantai ngobaran, yakni “landak goreng”. Landak Goreng adalah hidangan kuliner yang sangat populer di pantai ini.

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Baron gunung kidul ini  anda cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah, dan biaya parkir untuk motor atau mobil sekitar1.000 – 2.500 Rupiah saja. Pemandangan yang masih sangat alami adalah salah satu keunggulan dari pantai Baron. Para wisatawan yang datang dapat menghabiskan waktunya dengan mandi atau bemain di pantai sepuasnya. Anda juga tak perlu khawatir akan terseret ombak, karena para staf pengelola sudah memasang pembatas untuk mengantisipasi area mana saja yang aman. Selainitu, deburan ombak di pantai ini juga cukup kencang, sehingga sangat cocok untuk para peselencar.

Pantai Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Baron gunung kidul ini  anda cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah, dan biaya parkir untuk motor atau mobil sekitar1.000 – 2.500 Rupiah saja. Pemandangan yang masih sangat alami adalah salah satu keunggulan dari pantai Baron.

Para wisatawan yang datang dapat menghabiskan waktunya dengan mandi atau bemain di pantai sepuasnya. Anda juga tak perlu khawatir akan terseret ombak, karena para staf pengelola sudah memasang pembatas untuk mengantisipasi area mana saja yang aman. Selainitu, deburan ombak di pantai ini juga cukup kencang, sehingga sangat cocok untuk para peselencar.

Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus
Keindahan pantai Siung Menawan Hati

Pantai Siung

Pantai Siung adalah satu-satunya pantai di Gunung kidul yangmempunyai arena panjat tebing. Di pantai ini Anda akan disuguhkan keindahanbatu karang raksasa yang berdiri kokoh di bagian timur dan barat pantai.

Sampaisaat ini sudah ada sekitar 250 jalur pemanjatan dengan tingkatan kesulitan yang beragam. Bahkan Pantai ini memperoleh julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Jadi pantai iniadalah pantai yang sangat cocok untuk anda yang berjiwa petualang. Dari atas batu-batu karang yang kokoh ini Anda dapat menikmati keindahan laut lepas yang tidak akan bisa dijumpai dipantai lain.

Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai di daerah Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat merupakan kawasan pantai yang tidak mempunyai pasir putih. Keindahan Pantai ini berupa tebing karang yang kokoh, serta suara hantaman ombak besar di setiap sisi karang.Untuk anda yang berjiwa petualang, sangat cocok camping di kawasan ini karena pantai ini belum terlalu padat dan masih sangat alami. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam bersama teman-teman terdekat.

Pantai Jogan

Jika anda ingin menikmati indahnya tempat wisata air terjun di Gunung Kidul, berkunjunglah ke Pantai Jogan. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Pantai ini juga mempunyai spot air terjun yang sangat menawan. Pantai Jogan juga mempunyai tebing-tebing yang tinggi khas pegunungan kapur.

Air terjun di tempat ini jatuh langsung dari atas tebing  menuju laut.Selain anda bisa menikmati keindahan pantai dan deburan ombak, Anda juga dapat mandi dibawah air terjun yang segar. Walaupun mempunyai keindahan yang eksotis, sayangnya pantai ini sering dilewatkan oleh para wisatawan.

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Sekarang ini Pantai Indrayanti Gunung Kidul lebih terkenal dengan nama Pantai Pulsa atau Pulang Sawal, karena menuai  beberapa kontroversi. Pantai ini nampak sangat bersih dan terawat, bila dibandingkan dengan pantai lainnya yang berada di kawasan Jogja.

Untuk Andapara pecinta olahraga air bisa mencoba permainan jet ski yang sudah di sediakan disini. Sedangkan untuk Anda yang menginginkan suasana santai bisamenikmati senja di gazebo, atau berjalan mengitari bukit karang melihatkeindahan Samudra Hindia.

Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan wisata pantai di Gunung kidul paling banyak dikunjungi. Pantai ini mempunyai pasir putih yang indah dan bebatuan karang yang mengelilingi bibir pantai. Hal itulah yang membuat kami memasukan pantai Krakal ini menjadi salah satu Pantai Gunung Kidul yang paling bagus. Anda bisa berjalan mengitari pantai bertelanjang kaki sambil menikmati suara ombak yang merdu untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Bebatuan karang yang mengelilingi bibir Pantai Krakalmerupakan rumah bagi para biota laut seperti butterfly fish, Ikan damselfish,bintang laut, dan jenis ikan lainnya. Selain itu, pantai ini juga memilikiombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk anda yang hobi berselancar.

Pantai Glagah

Panta iGlagah merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul Jogja yang sangat unik, hal ini karena  permukaan tanahnya yang cukup datardan landai. Selain bentangan pasir putih yang menawan, anda juga akan disuguhi oleh keindahan bukit karang yang berdiri kokoh di area pesisirnya.

Ada beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Gunung Kidul yang paling bagus ini, yaitu berwisata air, sertamenikmati keindahan alami yang sudah disediakan dikawasan wisata ini. Keunikan lainnya dari pantai ini yang sangat populer yakni laguna, letaknya berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai ini dikenal unik karena tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Jawa Tengah.

Demikianlah artikel singkat yang membahas tentang beberapa tempat wisata pantai di Gunungkidulyang wajib anda kunjungi saat berlibur di kota Yogyakarta. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan wisata dengan membuang sampah padatempatnya, agar tempat wisata kita tetap nyaman dan asri.

Semoga artikel ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang masih bingung dengan tujuan wisata yang menarik dan eksotis untuk memanjakan diri bersama orang-orang terdekat.